Sabtu, 22 November 2014

Koperasi dalam berbagai pasar persaingan

1. Koperasi dalam pasar persaingan sempurna
Perusahaan yang berada dalam pasar persaingan sempurna bersifat sebegai price taker yaitu penerima harga. contoh produk: beras, sayuran, batubara

Ciri-ciri Pasar Pesaingan Sempurna adalah:
  • Adanya penjual dan pembeli yang sangat banyak 
  • Produk yang dijual perusahaan adalah sejenis (homogen)
  •  Perusahaan bebas untuk masuk dan keluar
  • Para pembeli dan penjual memiliki informasi yang sempurna
2.Koperasi dalam pasar monopolistik
produsen dapat mempengaruhi harga namun tidak sebesar produsen pasar monopoli. contoh : sabun, shampo
Ciri-ciri Pasar Monopolistik
  • Penjual atau pengusaha dari suatu produk adalah banyak.
  • Ada produk substitusinya.
  • Keluar atau masuk ke industri relative mudah.


3.Koperasi dalam pasar monopoli
Dalam pasar monopoli terdapat satu penjual yang berkuasa. Dan biasanya sebagai penentu harga atau price maker.
Contoh: PLN, PT KAI

Ciri-ciri Pasar Monopoli :

1. Perusahaan penjual atau yang menghasilkan produk hanya satu.
Sehingga konsumen tidak dapat memperoleh produk atau jasa yang dijual oleh perusahaan monopoli ini di pengusaha atau produsen lainnya.
2. Tidak ada produk substitusinya.
Artinya tidak dapat digantikan penggunaannya oleh produk lain. Tidak ada produk lain yang serupa serta dapat memberikan jasa yang diperlukan.
3. Konsumen produk yang monopoli adalah banyak.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar