Sabtu, 03 Juni 2017

POTENSI PASAR KRAMAT JATI

NAMA       : RESILIA WAHYU
KELAS      : 4EA01
NPM          : 17213426
RISET PEMASARAN

POTENSI PASAR KRAMAT JATI
1.Produk
Pasar Kramat Jati adalah pasar yang menyediakan aneka produk yang menjadi kebutuhan pokok masyarakat. Kramat Jati di malam hari memang terkenal dengan sejumlah pedagang yang menyuguhkan dagangan ikan seperti kerang laut, udang, berbagai jenis ikan dan hasil laut lainnya. Produk laut yang tersedia di Pasar Kramat Jati sangat baik kualitasnya. Ikan yang dijual segar dan banyak jenisnya. Jenis ikan yang dijual seperti gurami, patin, kakap, cumi, kerang, kepiting, hingga lobster. Ikan yang dijual di Pasar Kramat Jati ada dua bentuk yakni, ikan yang masih hidup dan ikan yang sudah di frezee. Pedagang menggunakan es batu untuk menjaga kualitas ikan  dan tentu untuk menarik pembeli. Keamanan ikan pun terjamin dengan pemakaian es batu ini karena pedagang tidak menggunakan bahan kimia untuk mengawetkan produk laut tersebut. Untuk memudahkan kita dalam mengolah produk laut, kita bisa meminta penjual untuk membersihkan atau memotong produk laut yang akan kita beli.
Meskipun pedagang ikan mendominasi area depan, namun bukan berarti pasar ini tidak menyediakan bebagai macam kebutuhan dapur. Produk pangan yang tersedia mulai dari sayur mayur, daging sapi, ayam potong, bumbu dapur, beras dan kebutuhan pokok lainnya. Terdapat pula pedagang jajanan pasar yang menjual aneka makanan kecil berupa kue basah seperti cucur, kue lapis, ketan dan sebagainya.

2.Price
Harga produk-produk di Pasar Kramat Jati relative terjangkau, sama selayaknya di pasar-pasar tradisional lainnya. Harga yang berlaku di Pasar Kramat Jati meemang diupayakan bisa bersaing dengan yang ada di swalayan. Pasar Kramat Jati menggunakan system tawar-menawar dalam setiap transaksinya. Pembeli yang ingin mendapatkan harga yang murah harus lihai dan pandai-pandai tawar-menawar dengan pembeli.
3. Place
Letaknya yang berada di sisi jalan raya Bogor  kilometer 20 Jakarta Timut, memudahkan para pengunjung pasar untuk berbelanja di tempat ini. Lokasi ini cukup strategis, persis di sisi jalan dan dilewati berbagai trayek angkutan umum. Beberapa trayek angkutan umum yang melewati jalur ini beroperasi 24 jam. Lokasi pasar ini juga berada dekat dengan pemukiman penduduk dan kompleks perumahan. Pasar tradisional yang ada di sekitar lokasi Pasar Kramat Jati adalah Pasar Induk. Sedangkan pasar modern yang berada dekat dengan Pasar Kramat Jati adalah Lippo Kramat Jati.

4. Promotion
Promosi pasar dengan melakukan promosi dari mulut ke mulut. Pembeli yang puas berbelanja di Pasar Kramat Jati pasti akan menceritakan kepada orang-orang yang lain. Karena Pasar Kramat Jati terkenal dengan ikan lautnya, maka pembeli akan memberitahu orang lain agar membeli produk ikan di Kramat Jati dikarenakan produknya yang segar dan berkualitas baik.

Jika kita ingin berjualan ikan di Pasar Kramat Jati, potensi nya masih cukup besar. Walaupun di pasar ini sudah banyak pedagang ikan lautnya, namun para pedagang ikan disana tidak takut kehilangan pelanggan. Karena mereka saingan dalam harga, selain itu mereka mengambil ikan ditempat yang sama yaitu di Muara Baru. Sebagian besar pedagang berani mengambil ikan dengan partai besar, karena biasanya setiap ikan yang tidak laku di malam hari akan dijual borongan pada pengecer di pasar pagi yang lokasinya tidak terlalu jauh dari tempat tersebut. Dengan begitu, kita tidak perlu terlalu khawatir merugi besar akibat dagangan membusuk dan tak laku di pasar.
Selain itu akses ke Pasar Kramat Jati pun mudah, jadi kita tidak perlu takut dalam hal pendistribusian ikan. Kalau kita ingin berjualan ikan, lokasi tempat berjualan harus tersedia air bersihnya. Di Pasar Kramat Jati ini, air bersih masih lumayan melimpah. Di daerah Jakarta Timur, pasar yang menjual produk ikan laut sangat lengkap hanya di Pasar Kramat Jati. Jadi, peluang berjualan ikan di Pasar Kramat Jati masih terbuka.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar