Minggu, 04 Juni 2017

Analisis Iklan Indomie

IKLAN INDOMIE
Iklan indomie pada tahun 2001 dibintangi oleh chairul tanjung, jovanka mardova, dan okky lukman. Iklan indomie kriuk dibintangi 3 diva.iklan indomie versi selera indonesia dibintangi pemuda pemudi dari berbagai daerah yang menggunakan baju adat.versi “ini ceritaku, apa ceritamu?” diambil dari kisah mahasiswi bernama viera yang tinggal di italia. Iklan indomie juga pernah dibintangi oleh anak-anak. Yang terbaru iklan indomie versi taste of Asia dibintangi orang korea.

Jingle Indomie (Dari Sabang Sampai Merauke)
Bait pertama:
Dari sabang sampai merauke
Dari miangas sampai pulau rote
Indonesia tanah airku
Indomie seleraku...
Bait kedua:
Dari desa sampai ke kota
Dari gurun sampai pegunungan
Indonesia tanah airku
Indomie seleraku
Bait ketiga:
Indomie, indomie seleraku..
Indomie dari dan bagi Indonesia

-jingle indomie versi ramadhan
Hari ini kita puasa
Menjalankan perintah agama
Belajar taat, jalankan ibadah
Bertakwa, hidup beriman

-jingle indomie versi idul fitri
Hari ini hari yang fitri
Kita rayakan kemenangan
Minal aidzin wal faidzin
Maafkan lahir dan batin

-jingle indomie versi berbagai bahasa
Kitorang samua pe unik
Saya, ko, deng dia tra sama
Bahat bahaso dohot adatta
Mewarnoi negeri kito
Dades manten irage malenan
Pareng mawon kito mboten sami
Pancen leres kito benten
Tetapi satu hal kita sehati
Indomie indomie pilihanku
Satu selera untuk semua
Indomie....seleraku...

·         Iklan indomie dengan statement yang gampang diingat “indomie seleraku”. Lirik jinglenya yang sederhana memudahkan masyarakat untuk hafal liriknya. Iklan dengan kemasan “dari sabang sampai merauke” dikemas dengan indah dan berisi pesan yang mengajak agar membeli produk indomie.
·         Adapula iklan indomie yang menggambarkan tentang keadaan penduduk serta kekayaan alam dari sabang sampai merauke. Iklan ini menggunakan berbagai macam suku dengan kebudayaan masing masing. Pesan yang ingin disampaikan oleh si produser melalui iklan ini tersampaikan dengan baik kepada konsumen, yaitu walaupun bangsa indonesia merupakan bangsa yang terdiri atas banyak suku,adat istiadat,agama dan sebagainya. Namun dapat dipersatukan oleh produk indomie yang sudah dikenal oleh seluruh masyarakat indonesia.
      Iklan ini sangat menarik dan juga kreatif  karena memiliki jingle yang sesuai dengan tema,audionya menarik. Seluruh aspek-aspek pendukung dalam iklan ini sangat pas. Banyak konsumen yang kagum karena iklan ini terlihat Indonesia banget. Dan tentunya  juga bisa menaikkan penjualan produk indomie.
·         Iklan indomie dengan bintang iklannya anak kecil, memberi pesan bahwa indomie disukai bukan hanya orang dewasa. Namun anak anak juga menggemari produk indomie. Disini indomie mengajak untuk semua kalangan memilih mie dari produk indomie.
·         Iklan indomie dengan statement “ini ceritaku apa ceritamu?”. Kalimat yang sangat simple dan mudah diingat. Iklan ini melibatkan partisipasi dari masyarakat pecinta indomie dengan menceritakan suatu kisah tentang pengalaman berhubungan dengan indomie yang tentunya sangat menarik untuk didengar. Iklan dengan konsep ini sangat meyakinkan dan sangat persuasif untuk mempengaruhi konsumen. Iklan tersebut juga banyak mendapat respon terutama di internet. Banyak yang menuliskan kisahnya, tapi ada juga yang memplesetkannya menjadi kisah yang lucu.
·         Iklan terbaru indomie versi “taste of Asia”. Menggunakan bintang iklan orang korea, ini dilakukan supaya indomie dapat bersaing di pasar internasional. Dan menarik konsumen dari luar negeri untuk membeli produk indomie.
Lumayan menarik konsumen dalam negeri untuk mencoba varian rasa terbaru dari Indomie yang terispirasi dari masakan terkenal dari berbagai negara di Asia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar