Sabtu, 03 Juni 2017

KELEMAHAN DAN KELEBIHAN BAHASA INDONESIA


Indonesia merupakan negara besar yang memiliki lebih dari 17 ribu pulau. Dengan banyaknya pulau ini mengakibatkan banyaknya keanekaragaman di Indonesia, seperti agama, suku, ras, budaya dan bahasa. Bahasa sangat penting untuk komunikasi, setiap hari pasti kita menggunakan bahasa untuk berkomunikasi dengan orang lain. Untuk di Indonesia terdapat kira-kira 746 bahasa daerah yang tersebar di penjuru negeri ini, contohnya bahasa jawa, sunda, madura, batak dan masih banyak lagi. Banyaknya bahasa yang dimiliki Indonesia, diperlukan bahasa pemersatu yaitu bahasa Indonesia. Selain itu bahasa Indonesia menjadi bahasa resmi dari republik Indonesia. Penggunaan bahasa Indonesia diresmikan setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia, tepatnya sehari sesudahnya, bersamaan dengan mulai berlakunya konstitusi.
Sejak lahir kita sudah mengenal bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia adalah bahasa Melayu. Dari sudut pandang linguistik, bahasa Indonesia adalah salah satu dari banyak ragam bahasa Melayu. Meskipun bahasa Indonesia dipahami dan dituturkan oleh 90% warga Indonesia, bahasa Indonesia bukan bahasa ibu bagi kebanyakan penuturnya. Yang menjadi bahasa ibu bagi sebagian besar warga Indonesia adalah salah satu dari 746 bahasa yang ada di Indonesia.
Bahasa Indonesia dianggap relatif mudah, bahkan dasar-dasar untuk berkomunikasi dasar dapat dipelajari hanya dalam kurun waktu beberapa minggu. Berikut ini adalah kelemahan dan kelebihan bahasa Indonesia :
Kelemahan Bahasa Indonesia :
1.      Bahasa yang cukup sulit dipelajari bagi orang luar negri
2.      Penggunaan bahasa Indonesia yan baku membuat pemikiran seseorang terhadap kita menjadi kaku
3.      Banyaknya aturan-aturan berbahasa Indonesia yang baik dan benar, baik dalam berbicara maupun penulisan. Misalnya, di dalam Bahasa Indonesia kita mengenal adanya EYD (Ejaan yang Disempurnakan), penulisan kata dan kalimat baku, penggunaan kalimat majemuk, dan sebagainya.
4.      Adanya ungkapan-ungkapan yang sering digunakan dalam Bahasa Indonesia, sehingga kita harus memahami apa arti ungkapan tersebut. Contoh: tangan kanan = orang kepercayaan.
5.      Sulit untuk dipromosikan sebagai salah satu bahasa internasional, karena kita masih tertinggal dalam beberapa bidang seperti teknologi dan ekonomi, yang mana dua hal tersebut merupakan salah satu kriteria yang digunakan dalam menilai kelayakan suatu bahasa yang digunakan sebagai bahasa internasional.
Kelebihan Bahasa Indonesia :
1.      Cukup mudah dipelajari oleh masyarakat sendiri
2.      Dengan menggunakan bahasa Indonesia yang beaik dan benar kita dapat mengetahui berbagai jenis ragam bahasa
3.      Dapat menggunakan bahasa sesuai dengan wadahnya (dengan siapa kita berbicara)
4.      Berbahasa Indonesuia membuat kita tahu jati diri kita
5.      Sebagai pembinaan persatuan dan kesatuan bangsa
6.      Sebagai peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam rangka pelestarian dan pengembangan budaya, meraih dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.
7.      Sarana penyebarluasan pemakaian bahasa Indonesia yang baik untuk berbagai keperluan menyangkut berbagai masalah
8.      Sarana pengembangan penalaran, dan sarana pemahaman beragam budaya Indonesia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar